Home » » Cara Jitu Menghindari Begal

Cara Jitu Menghindari Begal

Akhir-akhir ini kita menjadi familiar dengan kata begal. Begal bermakna perampasan dengan disengaja. Biasanya mereka merampas harta benda korban dengan senjata yang melukai hingga membunuh korban.

Menurut kriminolog UI, Iqrak Sulhin, jumlah kasus pembegalan masih tergolong sedikit, hanya saja kualitas kejahatannya cukup mengkhawatirkan. Mereka tidak segan-segan membunuh korban.
 
Maraknya pemberitaan di media massa membuat sebagian masyarakat- terutama mereka yang harus pulang dan beraktivitas saat larut malam, menjadi cemas.           

Ada beberapa tips yang bisa kita coba untuk menghindari begal:  
 
1. Memilih jalan yang ramai dan terang
Banyak tindak kejahatan terjadi karena ada kesempatan. Tempat yang sepi dan gelap merupakan tempat yang sangat potensial terjadinya kejahatan. Jika kita terpaksa pulang larut malam usahakan untuk memilih jalan yang ramai dan terang. Tujuannya selain meminimalkan tindak kejahatan juga memudahkan kita meminta tolong jika menjadi korban kejahatan.

2. Hindari melewati rute jalan yang belum dihapal
Ada baiknya kita melakukan survey dan mencari informasi sebelum pergi ke sebuah wilayah yang belum pernah kita kunjungi. Selain memudahkan kita karena sudah mengetahui rutenya, kita bisa memlih alternatif jalan yang kira-kira aman untuk dilalui. Sebisa mungkin jangan melewati rute jalan yang belum kita hapal.
 
3. Tidak memakai barang mewah
Barang-barang mewah yang kita gunakan, misalnya perhiasan dan handphone. Bisa menjadi pemicu tindak kriminalitas. Saat berkendara sebaiknya jangan menggunakan barang berharga. Jika terpaksa harus membawanya simpanlah di dalam tas.
 
4. Memperhatikan lingkungan sekitar
Kewaspadaan menjadi hal yang penting, apalagi jika kita orang yang biasa pulang larut malam. Hampir semua kasus begal terjadi di malam hari. Perhatikan keadaan, jika ada hal-hal yang mencurigakan misalnya merasa dibuntuti, segera pergi ke kantor polisi terdekat.
 
5. Usahakan tidak sendirian saat berkendara
Jika memungkinkan, ajaklah teman saat berkendara di malam hari. Teman bisa membantu meminta tolong kepada orang-orang di sekitar tempat kejadian.
 
6. Memberitahu perjalanan ke keluarga atau rekan

Informasikan setiap kepergian kita kepada keluarga dan orang terdekat. Jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, pihak keluarga bisa cepat bertindak melapor ke kantor polisi.





Sumber gambar: Internet


0 komentar:

Posting Komentar


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman