Home » » Tips Agar Istri Makin Cinta

Tips Agar Istri Makin Cinta

Pada masa-masa awal pernikahan cinta terasa sangat indah, idealis, dan menggebu-gebu. Seakan-akan tak ada cela pada diri istri yang anda pilih. Dunia seperti milik berdua, orang lain hanya mengontrak.
          
Seiring waktu dan lamanya perjalanan hidup yang anda lalui bersama istri, anda akan semakin realistis dalam menilai dan memandang. Berada dalam satu atap selama bertahun-tahun bersama dengannya membuat anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Sifat asli yang sebelumnya tidak anda lihat.
           
Cinta bisa saja pudar. Ia ibarat tanaman yang harus dirawat, disirami, dan diberi pupuk agar terus tumbuh dengan baik. Mempertahankan bahtera rumah tangga, terus menumbuhkan rasa cinta dengan pasangan, tentu saja membutuhkan usaha dari diri anda.
           
Cobalah tips sederhana di bawah ini, agar istri anda semakin cinta.

1.      Membantu Pekerjaan Rumah

“Cinta dan memberi adalah dua kata sejati dalam kamus nurani.” (Helvy Tiana Rosa)

Beberapa istri mengeluhkan sikap para suami yang tidak mau membantu pekerjaan rumah. Setiba di rumah sibuk dengan dirinya sendiri dan membiarkan istri berkutat dengan aktivitas rutin pekerjaan rumah.

Cucian piring dan baju menumpuk, mainan anak-anak berserakan. Padahal tugas istri lebih dari sekedar membersihkan rumah. Dia harus mengasuh anak, memasak, dan berbelanja. Jangan salahkan istri anda jika di malam hari dia kelelahan dan lebih memilih tidur daripada menemani anda.

Padahal jika anda mau mengorbankan sedikit saja waktu istirahat untuk membantu istri akan ada banyak kebaikan dan manfaat yang bisa anda dapatkan.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa pasangan yang berbagi pekerjaan sama rata, memiliki kehidupan pernikahan yang lebih bahagia yang lebih stabil dibandingkan pasangan yang menerapkan pola tradisional. Dan riset oleh psikolog John Gottman, PhD dari University of Washington di Seattle, menemukan bahwa wanita yang memiliki suami yang mau membantu pekerjaan rumah tangga cenderung tidak merasa kesepian dan tidak mudah marah, serta lebih antusias melakukan hubungan seks.

Kebaikan yang anda lakukan kepada istri merupakan investasi untuk terus menambah rasa cinta di hatinya. Wanita mudah tersentuh karena perhatian-perhatian kecil yang anda berikan. Membantu pekerjaan rumah salah satu bentuk perhatian yang membuat istri merasa dicintai. 

2.      Mau Mendengarkan Istri

“Jika seorang lelaki mencintai seorang wanita. Dia akan mengakui keberadaan wanita itu, memenuhi kebutuhannya, melindunginya. Jika dia sungguh-sungguh mencintainya, pengakuan tertingginya adalah ‘ini istri saya.’” (Steve Harvey)

Wanita makhluk yang sangat verbal, dia bisa mengeluarkan 20.000 kata dalam sehari. Sementara laki-laki hanya mengeluarkan 7000 kata. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Maryland School of Medicine, wanita memiliki gen FOXP2 yang lebih banyak dari laki-laki di dalam otaknya, hal ini menyebabkan wanita lebih fasih berbicara.

Meskipun penelitian itu masih harus digali, paling tidak penemuan itu menunjukkan salah satu faktor mengapa wanita lebih banyak berbicara.

Mungkin anda heran dengan sikap istri anda yang suka sekali bercerita. Segala hal yang menurut anda sepele bisa menjadi bahan pembicaraan yang menarik menurut istri anda. Anda seringkali tidak habis pikir saat melihat istri betah berbincang selama berjam-jam dengan rekan-rekannya. 

Seperti itulah sebagian besar sifat wanita, mereka senang berbicara dan senang saat didengarkan. Jika sewaktu-waktu istri bercerita dengarkanlah meskipun anda tidak begitu tertarik, simpan smartphone dan matikan laptop. Jangan pernah mendengarnya berbicara sembari membaca koran atau anda tertidur sementara istri antusias bercerita, dia akan menganggap anda tidak sungguh-sungguh mendengar dan menghargai ucapannya.

3.      Bekerja Sama Mendidik Anak

“Cinta itu bukan hanya harus memiliki, tapi cinta itu juga harus bertanggung jawab.” (Mario Teguh)

Mengasuh anak-anak bukan hanya tugas istri, ada beberapa pandangan yang sebaiknya diluruskan. Selama ini sebagian suami merasa telah menunaikan tugasnya saat memberi uang belanja di setiap awal bulan. 
Anak-anak membutuhkan ayah mereka, lebih dari sekadar uang jajan. Ada cerita menarik yang pernah dituturkan oleh Ayah Edy—Penggiat Komunitas Ayah, seorang anak pernah berkata, “Jika sedang di rumah ayah tidak pernah melek, dan saat melek ayah sedang tidak di rumah.”

Anak itu berkata dengan jujur dan polos, ayahnya pulang ke rumah hanya untuk tidur dan beristirahat akibat terlalu lelah bekerja, hingga tidak memiliki waktu untuk sekadar menanyakan kabar atau berbincang santai di ruang keluarga. Dan saat bangun tidur ayahnya sudah bersiap-siap untuk kembali berangkat ke kantor.
Peran pengasuhan ayah sama pentingnya dengan peran pengasuhan ibu. Ayah dan ibu perlu berbagi tugas pengasuhan anak secara adil dan seimbang. 

“Ketika orang tua menunjukkan kerjasama, sikap saling menghormati, komunikasi yang seimbang dan penyesuaian terhadap kebutuhan masing-masing, maka akan membantu anak dalam membentuk sikap yang positif terhadap laki-laki maupun perempuan.” (Biller dalam Santrock, 2007). 


sumber gambar: Internet

4.      Jujur dan Terbuka

“Tak mungkin ada cinta yang bertahan tanpa interaksi, yang tegar tanpa interupsi.” (Helvy Tiana Rosa)

Data Ditjen Badilag 2010, pemicu munculnya perceraian disebabkan oleh beberapa masalah, misalnya 10.029 kasus perceraian yang dipicu masalah cemburu, 67.891 kasus perceraian dipicu masalah ekonomi dan sebanyak 91.841 perkara akibat ketidakharmonisan dalam keluarga.

Ketidakmampuan dalam membangun komunikasi yang efektif dengan pasangan bisa menjadi salah satu penyebab keretakan rumah tangga. Sesibuk apapun luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan jujur dan terbuka dengan istri anda. Keterbukaan anda membuat istri merasa dipercaya, karena anda merasa aman berbagi dengannya. 

Bicarakan masalah anda dan cari solusi bersama, jika ada hal-hal yang mengganjal di hati anda dari diri pasangan. Agar istri mengetahui apa yang anda inginkan dan apa yang tidak anda suka.

Memendam masalah tidak akan membuatnya terselesaikan, justru semakin menumpuk. Bukan tidak mungkin masalah sepele yang anda pendam bertahun-tahun justru menjadi bom yang siap meledak sewaktu-waktu. 

5.      Berperilaku Baik

“Aku mencintaimu, itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan keselamatanmu.” (Sapardi Djoko Damono)

Tidak ada wanita yang mau menjadi korban atas perilaku buruk yang anda lakukan, tak terkecuali istri anda. 
Dalam sebuah rubrik konsultasi keluarga, seorang istri mengeluhkan perilaku suaminya yang kecanduan minuman beralkohol. Sebelumnya sang suami sudah berjanji untuk menghentikan kebiasaan buruknya, namun saat usia kandungan sang istri memasuki usia tiga bulan kebiasaan buruk itu kembali terulang. Sang suami sering pulang larut malam dalam keadaan mabuk, tidak lagi peduli dengan keluarga, sering bertengkar, dan jarang pulang ke rumah.

Beberapa kasus kekerasan dalam rumah tangga yang menimpa wanita dan anak-anak disebabkan oleh kecanduan minuman beralkohol.

Tidak dapat dipungkiri perilaku anda sangat mempengaruhi kondisi keluarga. Semakin sering anda berperilaku buruk, melanggar norma sosial dan agama, semakin mengikis kecintaan di hati istri dan anak-anak anda.

(Tulisan ini telah dimuat di www.kreasianaknegeri.com)

0 komentar:

Posting Komentar


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman