Home » » Warga Gaza Cinta Al-Qur'an

Warga Gaza Cinta Al-Qur'an

Oleh: Ustazah Nurjannah Hulwani

     Ismail Haniyya, beliau selalu menjadi garda terdepan menjadi aktivis mukhoyyam Al-Qur'an. Menterinya, anak-anaknya, rakyatnya, mereka itu cinta Al-Qur'an sampai semuanya dikelola oleh departeman agama di Gaza. Dan yang membuat saya tidak mampu menahan air mata itu ketika saya mendatangi majelis tahfidz Al-Qur'an ada seorang ibu yang bernama Fatiya Gatos, usia 57 tahun, buta huruf, mulai menghapal Al-Qur'an di usia 50 tahun. Di usia 56 tahun hapal 30 juz Al-Qur'an.

     Satu lagi seorang wanita Palestina, usianya 50 tahun, koordinator 16 TPA. Saking semangatnya dia menjumpai saya dengan tergopoh-gopoh, dia katakan, "Bu Nurjannah, Alhamdulillah saya sudah hapal 25 Juz. Sebentar lagi saya akan hapal 5 Juz dan awal bulan saya akan diwisuda."

     Jadi obrolan sehari-hari kita sangat terkait dengan apa yang ada di hati dan di kepala. Kalau cintanya dengan kekuasaan pembicaraannya tentang kekuasaan. Kalau cintanya materi, dia akan bicara soal materi. Pada saat itu saya bisa tersenyum, tapi setiba di penginapan air mata saya terkuras deras. Saya ingin mengatakan kalau Allah mengijinkan saya kembali, maka tempat yang pertama kali saya datangi adalah lembaga tahfidz Al-Qur'an.

     Pada saat itu saya hanya takut kematian. Saya meminta untuk dipanjangkan usia oleh Allah SWT, agar sepulang ke Indonesia saya bisa memperbaiki hubungan dengan Allah, dengan Al-Qur'an. Bagaimana mungkin kita mengatakan kita mencintai Al-Qur'an? Bagaimana mungkin kita menjadikan Al-Qur'an sebagai teman sejati kita? Jika ingin menjadikan Al-Qur'an sebagai teman sejati, kita harus sering bersilaturahim dengan Al-Qur'an. Membacanya, memperbaiki bacaannya, memahami isinya.

     Saya ingin menceritakan kepada ikhwan dan akhwatfillah, peristiwa di Rab'ah. Para alumni Rab'ah yang saya wawancarai, rata-rata yang menjemput kesyahidan adalah mereka yang hapal 30 juz Al-Qur'an. Selain aktivitas mereka di masyarakat dikenal. Asma Baltaji, anak pemimpin kita, DR. Baltaji. Dia menjemput kesyahidan di usia 17 tahun bukan hanya hapal 30 juz Al-Qur'an tapi juga hapal tafsir 30 juz Al-Qur'an.

     Di Palestina menjadi hafidz Al-Qur'an itu bukan berada di zona aman. Hafidz Al-Qur'an harus berbanding lurus dengan kontribusi dakwahnya. Hamas orang yang paling sholeh diantara penduduk Gaza. Dia hapal 30 juz Al-Qur'an, hapal hadits Arbain, dan tidak pernah meninggalkan salat berjama'ah di masjid. Dan kenapa wajahnya selalu ditutup untuk menjaga kelurusan niatnya. Agar mereka berjuang benar-benar karena Allah, bukan untuk disebut pahlawan.

     Dan menariknya orang-orang di Gaza bukan hanya hapal Al-Qur'an. Mereka orang yang berpendidikan, S1 sudah pasti. S2 dan S3 banyak di Gaza. Saya tidak tahu darimana mereka belajar.

    Cinta mereka kepada Al-qur'an itu memang luar biasa. Secara acak saya masuk ke PAUD, usia 2,5 tahun dengan lantangnya membaca surah Ar-rahman. Di jalanan kita acak, mereka membaca yang paling panjang.

    Menjelang kepulangan saya, ada anak-anak yang dibawa oleh seorang wanita Palestina. Usia 10 dan 8 tahun. Selama dua jam mereka menemani saya dengan memamerkan hapalannya. Bukan untuk riya, mereka hanya ingin menunjukkan betapa mencintai Al-Qur'an. Setelah bosan dia bernyanyi nasyid, setelah bosan dia berpuisi. Isinya tidak jauh dari cinta Al-Qur'an, cinta Al-Aqsha, dan cinta syahid fii sabilillah.

    Anak-anak itu menulis:

   Kami ingin bilang kepada anak-anak Indonesia, hapalkanlah Al-Qur'an, pelajarilah manhajnya!

   Agar kalian bisa datang ke Gaza dan bersama-sama dengan kami membebaskan masjid kita, Masjid Al-Aqsha.

   Salam kami untuk kamu semua, anak Indonesia.

   Salamku untuk anak-anak Indonesia, dan aku memohon doa dari kalian semua untuk kemenangan pembebasan Al-Quds dari rampasan Zionis yahudi.


sumber gambar: internet

0 komentar:

Posting Komentar


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman