Home » » 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

7 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

Sahabat, hampir setiap hari kita membaca dan menulis. Mulai dari menulis SMS atau menulis status jejaring sosial. Semua orang bisa menulis. Hanya saja jika kita berniat untuk serius menjadi penulis tentu membutuhkan usaha yang lebih keras lagi, untuk menghasilkan tulisan yang layak untuk dibaca.

Nah, sebenarnya apa aja sih modal dasar yang harus kita miliki untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis? Yuk kita baca tips sederhana di bawah ini. Barangkali bermanfaat.

Sukai dunia literasi. Jika kita sungguh-sungguh ingin menjadi penulis tentu kita harus menyukai dunia literasi terlebih dahulu. Menulis dengan penuh kecintaan dan gairah. Kecintaan kita pada bidang ini akan akan sangat membantu dalam menghadapi berbagai kesulitan yang menghadang, mengatasi kejenuhan, dan lain-lain.

Menulis bukanlah proses instan sekali jadi, untuk menghasilkan karya tulis yang layak membutuhkan waktu yang panjang, latihan, kesabaran dan ketekunan penulis.Kesukaan pada bidang ini membuat kita tidak merasa terbebani untuk mempelajari berbagai bentuk tulisan, bereksperimen, memperbaiki kualitas tulisan, dan lain-lain  
   
Menulis setiap hari. Butuh jam terbang tinggi untuk menjadi penulis profesional. Jika kita ingin cepat berkembang, menulislah setiap hari. Tentu hasilnya akan berbeda antara orang yang sering menulis dengan yang jarang menulis. Menulis itu kemampuan yang bisa diasah, sama seperti menyetir mobil. Semakin sering akan semakin lihai.

Tidak butuh waktu lama, cukup luangkan waktu 10-30 menit/hari untuk menulis. Lalu lihat hasil tulisan kita, akan terlihat perubahan. Tulisan kita semakin baik dari hari ke hari. Menulis setiap hari juga berguna untuk melenturkan gaya tulisan kita sehingga enak dibaca.

Menulis bebas. Tulis saja apa yang ada di kepala kita. Teknik menulis bebas sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan menulis. Jangan dibatasi hanya pada satu jenis tulisan tertentu, cobalah menggali kemampuan dengan belajar menulis semua bentuk tulisan. Ada banyak produk-produk tulisan, misalnya artikel, opini, berita, feature, cerpen, buku fiksi atau nonfiksi, dan produk-produk tulisan lainnya. Membatasi diri justru membuat kita tidak dapat melihat kemampuan yang sebenarnya.

Bergabung dengan komunitas. Penulis sangat diuntungkan dengan adanya internet. Berbagai informasi tentang komunitas-komunitas menulis sangat mudah didapatkan. Ada banyak ilmu gratis yang terserak di dalam komunitas, kita hanya perlu mengumpulkannya. Mulai dari menjadi silent reader hingga berteman dan menyerap ilmu dari rekan-rekan yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia literasi.

Di komunitas kita bisa membangun jaringan, mencari peluang, mengambil kesempatan, dan membangun relasi yang baik dengan rekan-rekan penulis atau rekan-rekan yang bekerja di penerbitan. Membuka jalan melalui relasi itu penting, namun meningkatkan kualitas tulisan yang kita tawarkan juga tak kalah penting.
   
Mengikuti pelatihan. Jangan merasa rugi ketika mengeluarkan sejumlah biaya untuk mengikuti pelatihan kepenulisan. Pelatihan itu aset. Cara paling cepat untuk belajar dengan cara menduplikasi ilmu dari orang-orang yang sudah mumpuni di bidang ini. Ingat, menduplikasi ilmunya bukan tulisannya. Jika kita tidak cukup punya uang untuk mengikuti pelatiha berbayar, carilah pelatihan gratis.

Mengikuti lomba. Cobalah untuk mulai mengikuti lomba menulis. Baik yang kecil maupun yang besar. Mengikuti lomba membuat kita terpacu untuk membuat karya yang terbaik. Biasanya dalam sebuah lomba ada batas minimal jumlah halaman yang harus ditulis. Hal ini membuat kita tertantang untuk memperpanjang nafas menulis, lama-kelamaan kita akan terlatih membuat tulisan yang panjang.

Banyak membaca. Penulis memang harus suka membaca, apa jadinya jika penulis malas membaca? membaca tulisannya sendiri malas. Untuk menghasilkan sebuah karya yang layak terbit penulis harus membaca naskahnya berulang kali, menutupi celahnya, dan memperbaiki kekurangannya. Tidak hanya itu, untuk memperkaya isi tulisan penulis perlu banyak membaca. Ibaratnya pena itu senjata, amunisinya membaca.


4 komentar:

  1. tips yg menarik dan bermlanfaat bagi pemula seperti sy yg masih perlu belajar lagi. salam

    BalasHapus
  2. sama-sama Ode, terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman