Home » » Don't Worry, Be Happy

Don't Worry, Be Happy

“Janganlah kau putus asa karena tidak melihat jalan keluar.
Kalau begitu, di manakah Allah dan taqdir-Nya?”
(DR. ‘Aidh Bin Abdullah Al-Qarni)

     Sobat, pasti kamu pernah merasakan yang namanya galau atau sedih. Sebenarnya perasaan sedih itu normal-normal aja sih, tapi jangan sampai berlarut-larut ya. Kalau keterusan nanti kamu bisa kena depresi. Apa tuh depresi?

     Sobat, depresi itu termasuk salah satu  jenis gangguan kejiwaan lho. Biasanya depresi disebabkan oleh perasaan sedih yang mendalam, tidak berdaya, putus asa, dan tidak berharga yang berlangsung lama hingga berminggu-minggu sampai mengganggu aktivitas kamu.

     Duh, jangan sampai kamu kena depresi ya sobat. Jujur deh, rasanya enggak enak banget lho! Gara-gara depresi kamu susah tidur, bahasa kerennya insomnia, bayangin aja kalau kamu enggak tidur berhari-hari.

     Kamu jadi gampang menangis tanpa sebab yang jelas, lagi melamun menangis, lagi makan menangis, lagi nonton film komedi menangis. Tiada hari tanpa menangis. Kayaknya menangis udah jadi hobi barumu.

     Terus kamu enggak punya semangat hidup. Seakan-akan masalahmu itu berat banget, sampai-sampai enggak mau hidup lagi. Aih, serem ya sobat. Udah enggak jamannya lagi anak muda menyerah dan mengakhiri hidup, enggak keren!

     Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, bahkan Allah SWT sudah menyediakan kemudahan di setiap kesulitan yang kita hadapi. Enggak percaya? baca deh Al-qur’an.

     Maka dari itu kalau sedih jangan berlama-lama ya, sobat. Sedih kok dipiara, don’t worry be happy. Aku kasih tahu rahasianya supaya jangan bersedih (Ssst...ini rahasia kita).

    Pertama, mendekatkan diri pada Allah SWT. Allah SWT itu sayang banget lho sama kamu. Iya, gimana enggak sayang? Allah SWT memperhatikan semua kebutuhanmu, mendengar permintaanmu, dan selalu menjagamu.

     Kedua, membaca dan mempelajari Al-qur’an. Al-qur’an itu berfungsi sebagai obat, termasuk obat untuk hatimu yang sedang sedih, kecewa atau marah.

    Ketiga, berdoa. Doa itu mujarab sobat, ibaratnya itu senjatamu untuk menumpas kesedihan supaya jangan berkembang biak di dalam hatimu.

     Nah, yang terakhir carilah teman yang sholeh atau sholehah dan berpikiran positif. Bayangin aja kalau kamu curhat sama teman yang pesimis, kamu lagi sedih mengharu biru eh...malah bertambah kesedihannya gara-gara temanmu ikut menangis (jadi kayak sinetron). Hari-harimu digelayuti mendung. Beda ceritanya kalau temanmu optimis, dia bisa membuka matamu bahwa badai pasti berlalu dan mentari akan bersinar terang.

     Oke deh sobat, sebagai penutup aku mau cerita nih. Seorang ulama Ibnul Jauzy berkata, “Pernah suatu perkara membuatku terasa sempit hingga aku dirundung kecemasan yang tiada hentinya. Aku kerahkan semua kemampuan berpikirku untuk mengusir kesedihan ini dengan semua cara dan sarana yang kumampu . Akan tetapi, aku tidak melihat adanya jalan keluar. Aku pun teringat akan firman-Nya : ‘Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.’ (QS.65:2).

     Akhirnya aku menyadari bahwa hanya taqwalah yang dapat membebaskan diriku dari segala kesusahan. Tidak lama kemudian, begitu aku melaksanakan taqwa, ternyata aku menemukan jalan keluarnya.”

(Tulisan ini telah lolos dalam event kepenulisan Berguru pada Tokoh Agama yang diselenggarakan oleh Penerbit Diva Pers)


0 komentar:

Posting Komentar


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman