Home » » Perlukah Mengunci Percakapan di Handphone?

Perlukah Mengunci Percakapan di Handphone?

"Kunci obrolanmu, jangan sampai teman membacanya", pernahkah kita mendapat pesan iklan tersebut? 

Sejujurnya ada hal yang menarik untuk kita bahas, apalagi gambar iklan itu cukup 'menantang' dengan gambar ilustrasi seorang wanita dan pria dengan bahasa tubuh yang mesra, sementara sang wanita mengintip handphone tanpa sepengetahuan pasangannya.

Handphone sebuah benda yang saat ini menjadi bagian penting dari hidup kita, sarana telekomunikasi yang efektif, apalagi disertai dengan kecanggihan teknologi dan kemudahan dalam mengakses media sosial. 

Tak jarang hampir sebagian besar waktu kita habiskan bersama benda ini, hingga sadar atau tidak. Kelekatan kita pada handphone menyebabkan pasangan cemburu.

Mereka bertanya-tanya ada apa di handphone kita? sampai kita asyik masyuk dengannya, sekalipun tengah bersama dengan pasangan.

Kawan, percaya atau tidak, sosial media menjadi penyebab tertinggi kasus perceraian di Amerika Serikat. Sebanyak 66% menggunakan facebook sebagai barang bukti, lalu MySpace sebanyak 15%, dan Twitter 5%. 

Alasan yang paling umum mereka mengajukan gugatan cerai karena menyalahgunakan media sosial sebagai sarana selingkuh.

Seringkali fakta-fakta itu membuat pasangan khawatir kita menyalahgunakan kecanggihan teknologi. Hal itu yang mendorong pasangan untuk diam-diam mengecek handphone kita. 

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan saat mendapati pasangan senang membaca pesan-pesan di handphone dan media sosial kita? Perlukah mengunci percakapan di handphone?

sumber gambar: www.m.republika.co.id

Mungkin kita dapat mencoba beberapa cara di bawah ini!

Jujur dan Terbuka

Bisa jadi pemicu kecemburuan pasangan karena sikap kita sendiri yang tidak terbuka padanya. Ya, setiap orang memang punya privasi. Namun saat kita telah memutuskan untuk memiliki pendamping hidup dia telah menjadi bagian dari diri kita.

Cobalah untuk jujur dan terbuka padanya, kejujuran dan keterbukaan bisa membangun rasa percaya, kenyamanan dan keamanan pada diri pasangan. 

Kenalkan pasangan pada teman-teman, masukkan dia ke dalam daftar pertemanan di sosial media, dan sekali waktu tunjukan akun media sosial kita padanya.

Kita tidak perlu menyembunyikan handphone dari pasangan, letakkan di tempat terbuka yang mudah diakses olehnya.

Buat Kesepakatan Bersama

Adakalanya kesalahpahaman datang karena pesan singkat, atau komentar mesra yang diterima pasangan. 

Padahal bisa saja orang yang mengirim pesan tidak bermaksud demikian, dan pasangan kita juga tidak memiliki hubungan istimewa dengan orang tersebut. 

Saat kita berbicara langsung bertatap muka kita dapat melihat ekspresi lawan bicara. 

Bahasa tulisan lebih mudah diartikan berbeda karena kita tidak melihat lawan bicara secara langsung, sehingga imajenasi kita bermain di dalamnya. Semakin menambah kobaran api cemburu.

Atau kita cemburu dengan gaya berkomunikasi pasangan yang menurut kita melanggar kode etik dalam berbicara dengan lawan jenis, padahal bisa jadi menurut pasangan itu hal yang biasa saja.

Ada baiknya kita bicara dan membuat kesepakatan bersama dengan pasangan, terkait dengan penggunaan alat telekomunikasi dan sosial media. 

Tidak ada salahnya mengutarakan perasaan, apa yang tidak kita sukai. Kita bisa membuat aturan bersama dan menetapkan batas-batas yang tidak boleh dilanggar.

Saling Menjaga dan Mengingatkan

Lupa merupakan sifat dasar manusia. Itulah sebabnya pasangan perlu saling menjaga dan mengingatkan. 

Tidak ada yang lebih efektif dalam mencegah terjadinya perselingkuhan baik di dunia nyata maupun di dunia maya selain memperkuat keimanan.

Memberi perhatian dan kasih sayang yang cukup, serta memenuhi semua kebutuhan psikis dan fisiknya. 

Adakalanya seseorang selingkuh di dunia maya sebagai bentuk pelarian dari hubungan yang tidak memuaskan di dunia nyata.

Tidak perlu takut saat pasangan membaca pesan di handphone kita, selama kita tidak 'macam-macam'. Jadi bagaimana, masih berpikir untuk mengunci percakapan di handphone?


0 komentar:

Posting Komentar


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman