Home » » Malu

Malu

Malu merupakan salah satu cabang iman. Ada banyak bentuk malu, di antaranya tidak merasa telah melakukan banyak amal kebaikan, tidak merasa diri besar atas semua pengorbanan yang telah diberikan untuk menegakkan agama-Nya, dan tidak mengistimewakan diri sendiri.

Bagaimana mungkin seseorang merasa bangga dengan amal kebaikan yang telah dilakukannya? Padahal hanya karena izin Allah SWT saja dia mampu melaksanakan amal kebaikan tersebut. Jika bukan karena kasih sayang dan kehendak-Nya dia tidak akan mampu bangun di pagi hari untuk shalat subuh.

Jika bukan karena Allah SWT memudahkan langkah dan meringankan hatinya, niscaya dia tidak akan sanggup memikul beban amanah di jalan dakwah. Allah SWT yang menguatkan pundak dan memberinya pertolongan sehingga dia dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Orang yang memiliki rasa malu yang besar tidak akan mengistimewakan dirinya sendiri, dia sadar posisinya sebagai hamba Allah SWT. Baginya tidak ada perbedaan ketika berada di barisan terdepan atau hanya menjadi kerikil yang melengkapi bangunan dakwah. Dia tidak merasa keberatan melayani dan memenuhi kebutuhan orang lain.

Sungguh seseorang tidak akan sanggup meniti jalan yang lurus jika bukan karena kehendak Allah SWT.

"Al-Qur'an itu tidak lain adalah peringatan bagi seluruh alam, yaitu bagi siapa di antara kamu yang menghendaki menempuh jalan yang lurus. Dan kamu tidak dapat menghendaki menempuh jalan itu kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan seluruh alam." (Qs. At-Takwir: 27-29).

sumber gambar: Internet

0 komentar:

Posting Komentar


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman