Home » » Sudahkah Kita Menyiapkan Bekal Hari Ini?

Sudahkah Kita Menyiapkan Bekal Hari Ini?

“Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau, sedangkan negeri akhirat itu sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?”
(Al-An’am:32)


Kawan, hidup kita di dunia tidak selalu berjalan mulus. Inilah dunia tempat tinggal kita saat ini, tempat berlelah letih. Tempat kita ditempa dengan berbagai ujian hidup agar Allah Swt melihat siapa yang paling baik amalnya. Dia yang Maha Kuasa mematikan dan menghidupkan manusia.

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa dan Maha Pengampun.” (Al-Mulk:2)

Satu hari, 24 jam kita menjalani aktivitas sehari-hari, mengurus rumah, mendidik anak, bekerja mencari uang, menuntaskan berbagai amanah dakwah. Adakalanya terjadi gesekan dan hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan.


Ibarat melakukan perjalanan panjang nan melelahkan, menguras tenaga, pikiran dan emosi. Kita membutuhkan bekal yang hakiki, yaitu bekal ruhiyah. Semakin berat beban yang kita pikul, semakin membutuhkan energi yang besar. Dan sebaik-baik tempat meminta hanya Allah Swt.

Sungguh Allah Swt. sangat memahami kondisi makhluk ciptaan-Nya. Dia menciptakan siang dan malam bergantian agar manusia selalu dalam keadaan seimbang. Malam hari Allah Swt ciptakan dengan karakternya yang sunyi, penuh ketenangan. Di waktu-waktu inilah saat yang paling baik untuk mengisi perbekalan agar kita mampu mengarungi hiruk pikuknya kehidupan di siang hari.

“Sungguh, bangun malam itu lebih kuat mengisi jiwa, dan bacaan di waktu itu sangat berkesan. Sesungguhnya pada siang hari engkau sangat sibuk dengan urusan yang panjang. Dan sebutlah nama Tuhanmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan sepenuh hati.” (Al-Muzammil:6-8)

Al-Qur’an dan qiyamulail merupakan bekal yang terbaik. Kawan, sudahkah kita berbekal hari ini? Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang berguguran di jalan dakwah. Sudah berlalu beberapa generasi, ada yang berjatuhan dan ada yang tidak mengubah janjinya hingga di akhir hayat.

Inilah jalan dakwah, jalan hidup terbaik yang sudah Allah Swt. pilihkan untuk kita. Semoga kita termasuk orang-orang yang istiqomah menepati janji. Amiin.




0 komentar:

Posting Komentar


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman