Home » » Harta yang Membebani

Harta yang Membebani

Tidak selamanya punya harta banyak pasti menyenangkan. Ada harta yang justru menjadi beban. Ini kisah tentang seseorang, seorang pria lanjut usia.

Seharusnya di usia senja dia istirahat dengan tenang di rumahnya, menikmati masa pensiun dengan pikiran yang tenang. Tapi kenyataan tidak selalu sesuai dengan keinginan.

Tubuhnya semakin ringkih, namun dia memaksakan diri menjaga harta berharga yang dia miliki. Tanah dengan luas hektaran. Aku sedih melihatnya.

Tanah seharga ratusan juta itu dia beli dari tetesan keringat yang halal, dan saat ini justru menjadi beban di masa tua. Dia mati-matian bertahan dari orang yang bernafsu untuk merebut, menghadapi pemimpin desa yang zalim, sebagian warga desa yang gemar meminta uang dengan paksa, hingga para tukang tipu yang manis mulutnya namun berbisa.


Aku tahu mungkin Allah Swt. hendak menaikan derajatnya melalui terpaan ujian. Kelak di akhirat nanti akan ada persidangan yang maha adil. Tidak ada keadilan hakiki di dunia ini. Ada orang yang pergi meninggalkan dunia dengan segala masalah yang belum tuntas.

Saat itu kutatap rambutnya yang memutih, kedua bola mata yang kelabu, dan berat badan yang terus menyusut. Dia terlihat rapuh, seringkali di malam hari tidurnya tak nyenyak.

Teringatlah aku kalimat seorang teman, siapa yang mampu membeli kenikmatan tidur? ada orang yang mempunyai ranjang dengan harga jutaan tapi tidak juga dapat memejamkan mata.

Lalu aku menoleh ke sosok lain, pria yang juga kukenal. Dia tak punya harta banyak, hanya cukup untuk kebutuhan primer. Pekerjaannya berdagang di pasar. Pria itu bapak mertuaku, saat pertama melihatnya tidur tergeletak nyenyak di atas meja di tengah pasar, aku terpana.

Seakan tidak punya beban, dia tidak peduli dengan riuh rendah suara tawar- menawar dari pembeli dan pedagang, langkah kaki pengunjung pasar, dan derit roda gerobak pengangkut barang.

Dunia yang berusia pendek ini bagi sebagian orang terasa melelahkan, namun bagi sebagian yang lain berjalan sedemikian ringan. Ibarat melakukan perjalanan di siang hari dan pulang ke rumah di sore hari.

Ternyata untuk bisa menjalani kehidupan tidak butuh uang terlalu banyak hingga berlebihan. Asalkan cukup dan bebas dari berhutang. Harta tidak akan membahayakan selagi tidak berlebihan.

1 komentar:

  1. Vintage T-Shirts - Pure Titanium Earrings
    Vintage T-Shirts titanium or ceramic flat iron are perfect titanium dog teeth implants for every budget item: from vintage neck-and-neck titanium helix earrings neck-and-neck, neck-and-neck ford escape titanium 2021 and earrings to old-school vintage tops, t-shirts, microtouch titanium

    BalasHapus


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman