Home » » 3 Tontonan Anak Berkualitas Selama Ramadan

3 Tontonan Anak Berkualitas Selama Ramadan

Bunda, lagi-lagi jatuh korban. Kasus terakhir, seorang anak yang masih duduk di bangku SD, meninggal setelah dikeroyok teman-temannya yang memperagakan gerakan bela diri di dalam sinetron 7 Manusia Harimau. Tidak hanya tontonan, video game kekerasan juga membawa dampak yang buruk.

Ada sebuah penelitian menarik yang dilakukan oleh Albert Bandura.Bandura membagi anak-anak menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberi tontonan yang memang dikhususkan untuk anak-anak, sementara kelompok yang lain diberi tontonan yang menampilkan adegan kekerasan. Setelah beberapa lama masing-masing kelompok di masukkan ke dalam ruangan yang berbeda dan diberi boneka, lalu diamati.

Ternyata kelompok anak yang menonton adegan kekerasan meniru apa yang mereka lihat. Mereka memperlakukan boneka dengan kasar, menendang, memukul, melempar, dan lain-lain. Sementara kelompok anak-anak yang tidak terpapar adegan kekerasan memperlakukan bonekanya dengan baik dan lembut.

Berdasarkan penelitian tersebut Bandura mengambil kesimpulan, hanya dengan melihat kejadian yang merangsang agresi, seseorang bisa menjadi agresif (Bandura, 1973). Hal inilah yang kemudian disebut sebagai teori modeling.

Hal serupa mengenai dampak paparan tayangan kekerasan baik melalui televisi, video game, atau youtube, pernah dituliskan dengan apik oleh M. Fauzil Adhim dalam bukunya yang berjudul Saat Berharga untuk Anak Kita. 

Ada sebuah kisah nyata yang bisa kita renungkan bersama. Alkisah, ada seorang anak berusia 8 tahun yang dibiarkan orang tuanya bermain video game setiap hari selama 8 jam non-stop. Dampaknya mulai terlihat dalam jangka waktu beberapa lama, anak itu tumbuh menjadi anak yang apatis, sering terbengong-bengong, tidak menyambung saat ditanya. Padahal dia terlahir normal, sama seperti anak yang lainnya. Kebebasan yang diberikan orang tua telah merusaknya.

Bunda, itulah sebabnya mengapa kita perlu berperan aktif menyeleksi dan mendampingi anak-anak kita saat menonton televisi, sekalgus membatasi durasi menonton--baik mononton televisi, gadget, laptop, atau video game.

Tiga tontonan ini layak untuk dijadikan tayangan alternatif bagi anak-anak Bunda.

1. Hafiz Quran

Hafiz Quran merupakan program yang digagas oleh Ust. Bachtiar Natsir. Acara ini ditayangkan selama bulan Ramadan di stasiun televisi Trans 7 setiap hari pukul 12:15. Acara ini menampilkan anak-anak yang hapal Alquran. Mereka berlomba meyambung ayat, menebak gambar dan kandungan surah, dan membaca ayat Alquran secara acak sesuai permintaan dewan juri.

Melalui acara ini Bunda bisa mengenalkan dan mengajak anak agar terbiasa mendengar lantunan ayat suci Alquran. Peserta Hafiz Quran yang juga masih berusia anak-anak tentu akan lebih memotivasi anak kita untuk memiliki role model yang baik.


Acara Hafiz Quran di Trans 7 
(aqlislamiccenter.com)


2. Hafiz Dunia

Kita bisa melihat perjuangan anak-anak penghapal Alquran dari belahan bumi lain melalui program acara ini.  Sembari menonton kita bisa menceritakan kepada anak-anak bahwa mereka memiliki saudara seiman di negeri lain yang juga senang menghapal Alquran. Anak-anak menambah wawasan tentang kebudayaan dan kebiasaan muslim di luar negeri. Acara ini pernah ditayangkan di Trans 7 saat bulan Ramadan dengan jam tayang setelah acara Hafiz Quran.

Salah satu gambar episode Hafiz Dunia di Trans 7 
(news.detik.com)


3. Kartun Islami Dodo-Syamil

Kartun ini sarat dengan nilai-nilai agama namun tetap menghibur anak. Karakter Dodo yang lucu dan teman-temannya mengajarkan anak tentang ajaran islam tanpa merasa digurui. Jalan ceritanya sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu, kartun ini juga diselingi lagu untuk anak muslim. Kartun Dodo Syamil tayang di stasiun televisi RTV setiap hari selama bulan Ramadan, pada pukul 18:00.

Kartun islami Dodo-Syamil
(achmad78.mywablog.com)


2 komentar:

  1. Anankku nonton Dodo Syamil biasanya lewat komputer. EMnag bagus, muatan Islamnya lumayan dalem. Aku aja kadang nyimak baik2 filemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak ... kadang aku suka nonton selain nambah wawasan juga buat hiburan. Jalan ceritanya lucu tapi pesannya dapet.

      Hapus


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman