Home » » Penulis Tunanetra yang Menginspirasi

Penulis Tunanetra yang Menginspirasi

Aku tidak pernah menyangka, mengenal dunia tulis-menulis telah mengeluarkan aku dari tempurung. Dulu hidupku sangat monoton dan membosankan, aktivitas sehari-hari hanya berangkat dari rumah ke sekolah, lalu dari sekolah pulang ke rumah.

Ditambah lagi dengan karakter kepribadian yang cenderung introvet atau tertutup. Aku bukan tipe orang yang menyukai keramaian, sedikit kutu buku, pemalu, dan mudah canggung ketika bertemu dengan orang baru.

Kesukaan pada menulis juga tidak pernah kusadari, dulu semasa sekolah dan kuliah aku memang sangat suka membaca dan mencatat. Tapi tidak pernah terpikir untuk serius menulis. Hingga suatu hari seorang teman mengatakan suka membaca tulisan-tulisanku dan menyarankan untuk menekuni dunia tulis-menulis.

Setelah itu petualangan dimulai, aku baru merasa benar-benar hidup setelah mengenal dunia tulis-menulis. Kemana saja selama ini? menghabiskan waktu selama 29 tahun dengan aktivitas yang itu-itu saja. Benarlah kata Pak Cahyadi Takariawan "Menulis ibarat jendela". Saat ini aku benar-benar menikmati melihat pemandangan di luar jendela. Dunia terasa luas sekarang, ada banyak hal menarik yang bisa dijalani.

Bertemu Penulis Tunanetra yang Menginspirasi

Komunitas Bisa Menulis, rumah pertamaku belajar menulis. Aku menemukan komunitas ini secara tidak sengaja saat iseng-iseng mencari komunitas yang bisa mengajariku menulis dengan gratis. Ya, aku memang suka yang gratisan. Ada satu hal yang paling aku senangi yaitu bertemu dengan orang yang mau membagi ilmunya dengan gratis. Karena ilmu itu sangat mahal harganya, tidak semua orang bisa mendapatkan. Apalagi jika kantong sedang sekarat. Sampai saat ini aku berterima kasih kepada teman-teman yang sudah lebih dulu mengenal dunia tulis-menulis dan rela berbagi.

Singkat cerita, di komunitas itu aku bertemu dengan banyak orang yang suka menulis. Ada yang pemula sepertiku, namun ada juga yang sudah memiliki banyak pengalaman. Di sanalah aku berkenalan dengan teman-teman baru.

Ada satu orang teman yang kukenal di komunitas itu, Ramaditya Adikara. Biasa dipanggil Mas Rama, kami tidak pernah bertatap muka. Hanya beberapa kali berbincang melalui jejaring sosial, kesan pertama yang kudapatkan, dia cukup ramah kepada siapa saja. Termasuk pemula sepertiku. 

Mas Rama terlahir dengan kondisi tunanetra, namun sangat produktif menulis. Dua buah novelnya telah beredar di toko buku nasional, selain itu dia aktif mengisi seminar tentang kepenulisan dan motivasi. Sekali waktu aku membaca testimoni peserta seminar yang diadakan oleh Mas Rama, peserta itu mengaku kagum saat melihatnya mendemonstrasikan cara dia menulis.

Tunanetra bisa menulis? Tentu saja bisa.


sumber gambar: www.saifudin.com

Kemajuan Teknologi Sangat Membantu Rekan Tunanetra

Job Access With Speech (JAWS), software ini sangat berguna untuk membantu rekan tunanetra untuk memakai komputer. Software ini dilengkapi dengan layar yang bisa melafalkan teks atau disebut dengan pembaca layar. Dengan adanya software ini rekan tunanetra dapat terus berkarya tanpa harus bergantung kepada orang lain.

Bagaimana cara kerjanya? layar akan membaca setiap teks yang ditampilkan kata per kata secara otomatis. Selain itu keyboard yang tersedia juga sudah memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan monitor.

Www. kartunet.or.id, Website yang Dikelola Rekan Tunanetra

Rekan-rekan tunanetra yang tergabung di dalam komunitas Kartunet Community Indonesia mengelola website tersebut. Kartunet itu sendiri merupakan singkatan dari kalimat karya tunanetra. Website ini merupakan wadah untuk menampung karya tulis rekan-rekan tunanetra, tulisan berupa karya sastra, opini, artikel, atau berita-berita terkait disabilitas.
 
Sekali waktu berkunjunglah ke website ini, ada banyak pengetahuan dan hal menarik di dalamnya, tampilan yang rapi, tulisan-tulisan yang apik membuat kita sadar bahwa keterbatasan bukan penghalang untuk terus berkarya dan berbagi manfaat untuk lingkungan sekitar.







0 komentar:

Posting Komentar


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman