Home » » Bagaimana Seharusnya Memperlakukan Ari-Ari?

Bagaimana Seharusnya Memperlakukan Ari-Ari?

Bagi sebagian masyarakat Indonesia ari-ari atau plasenta dianggap istemewa. Setelah bayi dilahirkan mereka melakukan beberapa tradisi yang terkait dengan ari-ari, misalnya memasukkannya ke dalam kendi, dikubur di dalam tanah lalu diberi lampu.

Sebenarnya bagaimana tuntunan islam terkait dengan perlakuan terhadap ari-ari? Sahabat, di dalam agama islam tidak ada perintah untuk mengistimewakan ari-ari. Ari-ari hanyalah bagian dari tubuh, ketika bayi masih di dalam kandungan ari-ari berfungsi sebagai penyedia makanan , darah, dan oksigen bagi janin.

Setelah bayi dilahirkan ari-ari dipisahkan dari bayi. Jadi tidak ada yang istimewa dari ari-ari, ia hanya bagian tubuh selayaknya kuku dan rambut. Mengubur ari-ari seperti membuang kuku dan rambut yang telah dipotong.


Sumber gambar: hidayatullahmakassar.com
Lalu bagaimana seharusnya kita memperlakukan ari-ari? Pertama-tama, ari-ari dibersihkan lalu dimasukkan ke dalam wadah untuk ditanam-wadah apa saja yang bisa dipakai. Tujuan dari penanaman ini untuk menghindari pembusukan, bakteri dan penyakit. Bukan karena suatu hal yang lain. Jika dibiarkan membusuk ari-ari akan menyebarkan bau tak sedap.

Kedua, gali tanah yang cukup dalam. Tujuannya agar tidak digali oleh binatang, tanam ari-ari tanpa menyertainya dengan benda-benda lain. Tidak perlu ragu untuk melakukannya, tepis semua pikiran negatif, mitos dan keyakinan-keyakinan yang tidak masuk akal.

Ketiga, tutup dengan tanah, lalu tinggalkan, tanpa perlu memberinya tanda atau perlakuan khusus.

Kita tidak perlu membuang tenaga dan pikiran untuk melakukan hal-hal yang tidak ada tuntunannya di dalam islam.

2 komentar:

  1. aku juga begitu kok, ari-arinya aku taruh di tempatd an di kubur dg cara menggali tanah daalm-dalam. Anak pertamaku ari-arinya ditanam di kuningan dan anak keduaku di cirebon di belakang rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bunda, alhamdulillah. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus


Focus Private

Les Privat

Les Privat Focus Private adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis les privat guru ke rumah untuk mata pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Info 082312091982
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman